Tekaje 123

Artikel belajar,Trik,dan Ilmu Pengetahuan.

Meraih Cita-Cita



Meraih Cita-Cita

Bagas Isyak P

 
                Pada suatu hari tinggal seorang anak yang memiliki perekonomian pas-pasan. Dia tinggal dengan ibu dan adik perempuan ibunya bekerja sebagai pembantu Yang bekerja di rumah tetangganya. Anak tersebut bernama joni anak yang saat ini duduk di bangku SD kelas 5 ditinggal pergi oleh ayahnya pada saat ia berumur 7 tahun dan adiknya berumur 3 tahun. Joni sering membantu ibunya bekerja yaitu dengan mencari rumput untuk pakan kambing milik tetangganya dan upahnya digunakan untuk ditabung untuk menggapai cita-citanya yaitu sebagai pemain sepak bola. Setelah ibunya pulang dari bekerja ibunya tidak langsung beristirahat setelah seharian bekerja sebagai pembantu ia selain bekerja sebagai pembantu ibu dua orang anak tersebut membuat gorengan untuk dijual sebagai penghasilan tambahan untuk biaya kedua orang anak yang saat ini joni duduk di kelas 5 dan adik perempuan duduk dikelas 2 SD dalam bidang prestasi adiknya selalu menjadi juara kelas artinya selalu memdapat peringkat 1. Sedangkan joni juga tidak kalah dalam berprestasi joni selalu peringkat 2.
            Joni mempunyai cita-cita sebagi pemain sepak bola dia selalu bermain dengan teman-temanya dilapangan dekat rumahnya walaupun fasilitas yang ada kurang mendukung dalam bersepak bola tetapi joni selalu bersemangat dalam mengolah si kulit bundar dan dia sangat lihai dalam mengutak-atik bola dibandingan dengan teman-temanya joni paling menonjol atau palinghebat dibandingkan dengan temanya. Pada suatu hari dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) joni mengikuti lomba sepak bola antar desa dan kebetulan disaksikan oleh manager tim dari sebuah klub SSB (sekolah sepakbola) yang ingin mencari bibit untuk mengembangkan bakat yang terpendam. Kebetulan manager tersebut tertarik pada permainan joni yang sangat menakjubkan dan tertarik untuk mengajak masuk di club SSBnya tersebut. Joni sangat senang karena cita-citanya hampir tercapai namun joni sempat merenung karena joni kesulitan dalam hal biaya belum lagi biaya untuk joni dan adiknya untuk bersekolah. Joni pulang kerumah lalu menceritakan semuanya kepada ibunya joni ingin sekali untuk menjadi pemain biaya.
“ apapun yang ingin kamu capai pasti akan tercapai walaupun beribu-ribu halangan dan rintangan yang selalu menghadang doa ibu menyertaimu.!” ( jawab ibu kepada joni )
“ aku janji akan selalu berusaha demi mencapai cita-citaku ini. “ ( balas joni sambil tersenyum dan memeluk sang ibu ).
Bukan hanya joni yang membutuhkan biaya namun adiknya juga membutuhkan biaya untuk membayar uang SPP dan membayar buku dari sekolah ibu joni merenung karena memikirkan kebutuhannya yang semakin besar. Adik joni sering dipanggil dengan nama Anisa itu, tidak tinggal diam melihat keluarganya kesulitan dalam hal biaya anisa selalu menabung untuk membantu perekonomian keluarganya dan membantu berjualan gorengan buatan ibunya. Joni pun selalu menabung untuk membeli sepatu sepakbola joni tidak berani mengatakan keinginanya kepada ibunya karena joni tidak ingin membuat beban ibunya karena ibunya sudah banting tulang untuk mengidupi keluarganya hanya seorang diri karena ditinggal pergi suaminya. Dua tahun kemudian joni sudah lulus sekolah yaitu lulusan SD namun ia tidak dapat melanjutkanya karena tidak ada biaya untuk bersekolah pada tingkat SMP joni memutuskan untuk membantu ibu dan adiknya untuk mencari uang. Sambil bekerja joni tidak melupakan impianya sebagi pemain sepak bola internasional idola joni adalah Leonel Messi pemain kecil dan lincah yang berasal dari club barcelona FC itu telah memotivasi joni untuk mengikuti karirnya sebagai pemain sepak bola terbaik di dunia ini. Setelah sekian lama joni memimpikan cita-citanya itu kini joni sudah memiliki uang tabunganya yang akan digunakan untuk membeli sepatu sepak bola dan digunakan untuk mendaftar di sekolah sepak bola yang dahulu diinginkan karena fakto biaya. namun berkat kegigihanya joni berhasil mencapai cita-citanya dan kini joni sudah terdaftar di sekolah sepak bola dan dalam pelatihan tersebut teman-teman joni rata-rata mempunyai sepatu yang sangat bagus yang harganya sangat mahal namun joni hanya mempunyai sepatu yang tidak terlalu bagus tetapi joni tidak menilai dari segi materi namun joni menilai dari segi kepandaian dan keahlianya. Joni saat ini berumur 12 tahun joni paling muda dibandingkan dengan teman-temanya joni tidak terlalu menghiraukan semua itu joni tetap semangat dan selalu berjuang demi cita-citanya itu.
            Suatu hari dalam pelatihan joni diadakan turnamen antar ssb dan joni menjadi tim inti dan saat ini menjadi sang kapten, karena pelatih sudah mempercayai bahwa joni dapat mengatur teman-temanya dilapangan hijau. Dalam setiap pertandingan joni selalu mencetak gol dan mampu memjadi top skor. 5 tahun joni dalam pelatihan dan saat ini joni direkrut club arema, club yang berasaldari jawa timur tersebut tertarik dengan permainan joni dan menginginkan joni berada di club tersebut demi memperkuat club arema. Kini joni sudah hidup berkecukupan dan joni tidak lupa dengan keluarga kecilnya joni selalu menyisihkan uangnya untuk dikirimkan kepada ibunya dan adiknya. Joni menjadi incaran club-club besar bukan hanya dari indonesia bahkan club dari luar negeri tertarik denganya. Ibunya sangat bangga terhadap joni. Joni selalu dipanggil untuk bergabung di tim nasional indonesia demi membela bangsa indonesia. Itulah yang diharapkan oleh joni dari dulu walaupun sekarang ini joni sudah menjadi pemain sepakbola terkenal tetapi joni tidak mempunyai sifat sombong ia selalu teringat kata-kata ibunya bahwa “ janganlah menjadi orang sombong walaupun nantinya kamu menjadi orang sukses sekalipun dan janan pernah melupakan orang yang pernah menolong dan membantumu ibarat kata ( kacang lupa dengan kulitnya )” itulah yang selalu diingat joni terhadap ibunya. Joni sudah menganggap ibunya sebagai pahlawan dalam karir dan hidupnya. Sebelum berlaga di rumput hijau joni selalu memberi tahu dan meminta do’a restu kepada ibunya melalui telphone agar selalu dilindungi oleh allah SWT. Selain berlaga di clubnya saat ini yaitu Arema indonesia joni juga selalu dipanggil untuk memperkuat tim nasional indonesia pada saat ASEAN GAME, uji coba,dan lain sebagainya. Joni selalu mendapat tawaran dari salah satu club luar negeri joni ingin sekali mengambil tawaran tersebut tetapi ada beberapa hal yang masih dipertimbangkan yaitu ia tidak bisa jauh dengan keluarga kecilnya bukan hanya itu tetapi ia masih ingi membela tim nasional indonesia demi kehormatan bangsanya. Joni pulang kekampung halamanya yaitu desa kanurejo jawa timur untuk mengatakan pertimbanganya terhadap ibunya, sampai di kampung halamanya joni langsung mengatakan bahwa.
 “setiap kesempatan pasti tidak datang dua sampai tiga kali kalau memang itu yang terbaik untukmu mengapa kamu tidakusahakan padahal kesempatan itu yang kamu harapkan dari dahulu semua ini kesempatan emas buat kamu” ( menjawab perkataan joni)
“ tetapi bagaimana dengan ibu dan adikku bu ?”
“ jangan hiraukan ibu dan adikmu disini ibu dan adikmu akan baik-baik saja..!”
“ terima kasih bu atas motivasi ibu terhadap aku..!”
“ sama-sama do’a ibu menyertaimu..!”
Akhirnya kini joni sudah menggapai semua impian dan cita-citanya, terdengar sebuah kabar bahwa joni di luar negeri sudah menjadi orang yang sangat sukses berkat kegigihan dan semangatnya.
            Jadikanlah hidupmu menjadi yang lebih berguna dan janganlah mudah menyerah walaupun halangan dan rintangan yang selalu menghadang karena sesungguhnya kegagalan adalah awal dari keberhasilan. Gunakanlah kesempatan sebaik mungkin dan janganlah menyia-nyiakan kesempatan karena kesempatan tidak datang berkali-kali berbaktilah kepada orang tuamu karena walaupun sesukses apapun kita kalau tidak berbakti terhadap orang tua kita apa gunanya ibarat kata sepandai apapun kita kalau ilmunya tidak di amalkan, semua akan sia-sia.
            Semua yang kita inginkan maka capailah sebisa kamu berkat do’a dan usaha maka tidak ada yang tidak mungkin terjadi asalkan kita mau berusaha. Tidak ada manusia yng terlahir sempurna setaip kekurangan seseorang pasti ada kelebihanya dan kelebihan seseorang pasti ada kekurangannya manusia diciptakan untuk hidup saling berdampingan dan saling tolong-menolong sebagai manusia tidak akan berhasil kalau tidak ada bantuan dari orang lain walaupun sekecil apapun itu. Dan hargailah pendapat orang lain kalau ingin dihormati kalau bukan kita yang memulai siapa lagi.
0 Komentar untuk "Meraih Cita-Cita"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info