Tekaje 123

Artikel belajar,Trik,dan Ilmu Pengetahuan.

Tips Merawat piyikan burung Cendet

Tips Merawat piyikan burung Cendet

Selamat datang gan,salam pembuka dari saya mas putra lewat artikel revisi pertama kali ini. Kali ini mas Putra bakalan memberi sedikit pengalaman mas putra waktu kecil nih gan..Tentang cara merawat anakan burung cendet. maklum mas Putra dulu ini penggemar berat burung berkicau juga lho gan, mulai dari yang murah sampai yang harganya lumayan.

Ngomongin burung cendet,siapa yang gak tau sih gan? Burung predator yang makannya serangga di alam liarnya ini ternyata punya suara yang merdu. walaupun pada dasarnya burung cendet itu cuma punya suara "teeet-teeet". tapi kemampuan ingatan dan menirunya inilah yang bikin burung ini melejit sejak tahun 2000an gan. Padahal kata om om mas putra dulu burung cendet ini cuma dibuat mainan bahkan sampe dibunuh lho gan. Kalau pengalaman mas putra waktu kecil sih masih sering sering dapetin anakan cendet dari alam gan,maklum mas putra juga orang desa. Tapi kalau sekarang sih kayaknya udah susah gan dapetin burung cendet dari alamnya. melihat makin maraknya perburuan cendet dan banyak pula hama dari burung cendet di alamnya. Untungnya sekarang udah dimulai merintis pengembangbiakan cendet gan,jadi gaperlu khawatir. paling cuma modal duit gak sampe satu jutaan kok gan. hahaha..



langsung saja nih gan tips dari mas putra,

Yang pertama kita harus tau pakan yang cocok buat tuh anakan gan,cara menentukannya gampang gan. cukup lihat aja dari banyak bulu yang sudah tumbuh ataupun usianya gan. kalo nakan cendet agan masih seperti gambar diatas. lebih baik kasih pakan utama cuma jangkrik gan. Jangan lupa kalo ngasih jangkrik kaki-kaki jangkrinknya dibuang gan, ini buat mencegah kalo agan ngasih jangkrik utuhan kaki-kaki jangkriknya bakal bikin luka di pita suara calon penyanyi agan. Pasti gak pengen ini terjadi kan gan?



Kalau cendet agan udah lebih dari 2 minggu,udah boleh tuh gan dikasih makan voer, jangan lupa voernya dibikin bubur gan? jangan terlalu encer ataupun kental. sklanya kira-kira voer 1 : air 2 gan. walapun diutamakan makan voer,tetep saja burung cendet agan tetep butuh protein alami. Cukup 3 kali sehari gan,masing-masing satu ekor jangkrik gan.

Yang kedua dari sisi penghangatan gan,namanya burung kalo di alamnya pasti kan dierami sama indukannya gan. Jadi faktor penghangatan ini sangat penting pula buat pertumbuhan calon penyanyi agan.
  Ada dua macam penghangatan yang harus agan lakukan biar calon penyayi agan cepet gede. yaitu penghangatan malam dan penjemuran pagi gan.

Untuk penghengatan malam nggak susah-susah amat kok gan,agan cukup beli beberapa meter kabel dan 1 buat bolham lampu 5 watt. nah cahaya hangat lampu ini nanti yang bakal ngangetin calon penyanyi agan tiap malam. jangan terlalu dekat ataupun jauh dalam menaruh lampunya gan,kira-kira aja suhunya sekitaran 35-40 derajat celcius. Tapi kalau anakan burung agan gak terlalu suka sama cahaya cukip trudungi aja sangkar tempat piyikan agan dan letakkan di ruangan yang hangat gan.

Merawat Burung Cendet Dari Mulai Piyikan


Sedangkan buat penjemuran rutin harus dilakukan setiap hari gan,mulai jam 9-10 pagi gan. ini biar anakan agan sehat dan nggak kekurangan vitamin D. biar anakan cendet agan sehat selalu. waktu yang optimal buat menjemur calon penyanyi agan sekitar setengah jam gan,kalau lebih takutnya cendet agan bakal dehidrasi dan malah bakal stres.

lakukan yang mas putra bilang gan,insyaallah kalo cendet agan hidup bakalan sukses,amin hahaha..

nah cuma itu yang bisa mas putra kasih tau gan,lain kali kalau udah sempet mas putra tambahin lagi.

kalau ada sumur diladang
bolehlah kita menumpang mandi
kalau ada umur panjang
boleh kita berjumpa lagi

0 Komentar untuk "Tips Merawat piyikan burung Cendet"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info