Tekaje 123

Artikel belajar,Trik,dan Ilmu Pengetahuan.

Kakak ku Penyemangatku



Kakak ku Penyemangatku

Puji Rahayu


            Pada suatu hari terlahir seorang putri bernama Poppy Ayu, dia adalah wanita imut yang menggemaskan. Poppy mempunyai kakak yang bernama Galang Akhadi Satriaji.
Poppy kecil adalah seorang yang cengeng dan selalu di buli oleh orang-orang karena wajahnya yang tak ada kemiripan dengan kedua orang tuanya termasuk kakaknya sendiri. Banyak beranggapan  Poppybukanlah anak kandung dari kedua orang tuanya, namun kakaknya selalu menegur orang yang beranggapan demikian, dan menjelaskan bahwa Poppy ialah adik kandungnya..
Waktu berlalu  Poppy dan kakaknya galang selalu bersama bermain, makan, jalan-jalan dll.seiring bertambahnya umur keduanya Poppy kecil yang dulu cengeng sekarang sudah mulai kuat dalam menghadapi berbagai permasalahan bahkan tingkahnya sekarang mulai meniru laki-laki, ketika ditanya kakaknya Poppy kamu sekarang hebat, kamu tidak secengeng dan sepenakut dulu, apayang membuat kamu berubah “.
Poppy menjawab dengan lantang “aku ingin seperti kamu kak yang selalu kuat dalam menghadapi masalah hidup, walaupun badai hujan petir menerpa kakak tidak pernah berkeluh kesah, itu yang membuat aku sekuat sekarang kak”.
Waktu terus berjalan Poppy memasuki sekolah dasar kelas 1,2,3,4 pembelajaran dan sekolah Poppy baik-baik saja namun, menginjak kelas 5 Poppy diterpa masalah karena ia di tunjuk untuk mengikuti lomba catur antar sekolah, Poppy cukup mahir dalam permainan papan catur, namun mental Poppy belum siap jika harus di ikutkan perlombaan, karena usaha dan kegigihan Poppy untuk  memberikan hasil yang terbaik untuk sekolahnya poppy terus mengasah otak nya dan terus memperkuat mentalnya dalam lomba antar sekolah di Desanya nanti.
            Suatu ketika ia dipanggil bu Nia utuk menghadap kepala sekolah. ia bertanya-tanya dalam hatinya,ada apa ini apa saya mempunyai kesalahan. sesampainya di kantor ia langsung memasuki ruangan Kepala sekolah dengan hati yang berdebar-debar bak meriam, dengan langkah pelan tapi pasti ia menuju meja Kepala sekolah. Kepala sekolah mempersilahkan Poppy duduk. Dan ia pun menanyakan pak kepala sekolah”maaf pak ada apa ya bapak memanggil saya, apa saya ada salah”. Pak kepala sekolah pun menjawab “tidak Poppy saya memanggil kamu kemari karena saya mau memberitahukan kepadamu bahwa Lomba akan di adakan 2 hari lagi, siapkan mental mu sebaik-baiknya ya, bapak yakin kamu pasti bisa Poppy”. Iapun menjawab dengan pasti” Siap pak! saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk nama baik sekolah kita”.
            Sepulangnya ke Rumah ia, mencari kedua orang tuanya dan kakaknya. Kemudian ia bersama berkumpul dimeja makan, setelah selesai makan Ibunya membuka pertanyaan “ada apa nak tadi kok tergesa-gesa mencari ayah dan ibu”.
Poppy”ia bu, begini tadi kan poppy dipanggil kepala sekolah, dan beliau berkata bahwa lomba catur akan diadakan dua hari lagi bu”. Ibu “oo, begitu kamu harus banyak berlatih nak dan kuatkan mental kamu lagi, kalo begitu sana latihan sama kakakmu! dia lumayan jago juga dalam permainan catur”.
            Ia pun langsung mengghampiri kakaknya untuk diajak bermain catur dan kakaknya tidak putus memberikan semangat kepada adiknya, tidak lupa ia juga memberikan trik-trik jitu untuk mengalahkan lawan.
            Hari yang dinanti kini telah didepan mata, Poppy bergegas diantar kakaknya ke Balai desa dimana akan diadakan lomba tersebut. Ia tidak lupa meminta doa restu kedua orang tuanya dan kakaknya. Sesampainya dibalai Desa kakaknya menambah semangat adiknya”ayoo Poppy kamu PASTI BISA kakak yakin itu maka berusahalah semaksimal mungkin jangan menyerah di tengah jalan ya Popp, buatlah sejarah terindah dalam hidupmu”. Sambil membusungkan dadanya ia berkata “ SIAP kak poppy akan berusaha semaksimal mungkin”.
            Pukul 09:00 pagi perlombaan dimulai, ia sangat berkonsentrasi dalam melangkahkan pion-pionnya, keringat bercucuran kepalanya serasa penuh asap ternyata lawannya cukup hebat, namun ia teringat  trik-trik yang diberikan kakaknya kemarin untuk mengalahkan lawannya. akhirnya Poppy memenangkan permainya, lawan pertama gugur dikalahkannya, kemudian lomba ke dua dimulai dengan santai namun fokus ia menggerakan pion-pionnya, kemenangan kedua diraihnya. Dan usahanya pun tidak sia-sia juara satu antar sekolah dasar si Desanya pun ia raih, dengan menumbangkan semua lawannya. Kemenangan pun tidak berakhir di Desanya, waktu lomba diadakan di Kecamatanya ia juga mendapat jura 1.
Setelah kelas 6 dasar ia mengambil keputusan utuk menghentikan dulu permainan caturnya dan fokus ke ujian nasional untuk menentukan hasil yang maksimal, yang akan membawanya ke sekolah yang ia inginkan. Ujian nasional akhirnya terlewati dengan hati dag dig dug menunggu hasil Ujiannya, hari yang di tunggu telah tiba ia menerima hasil ujian dengan nilai memuaskan.
             Liburan sekolah pun tiba, sambil mencari informasi syarat masuk sekolah yang ia inginkan, poppy pun mencoba menelfon kakaknya untuk diajaknya liburan dan untuk meminta diantarkan mencari syarat masuk sekolah impiannya, tapi kakaknya menjawab bahwa ia sibuk dengan urusan pekerjaanya jadi ia tidak bisa menemaninya liburan. Poppy merasa sedih karena kakaknya tidak bisa menemaninya liburan sekolah. Tapi diam diam kakaknya ingin memberikannya kejutan dengan pulang tanpa sepengetahuan Poppy. Hari itu kakaknya langsung bergegas pulang untuk memberi kejutan kepada adiknya, namun waktu perjalanan pulang kakaknya kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan yang dikendarainya rusak parah dan kakaknya masuk ruang ICU karena terjadi benturan yang sangat keras dikepalanya.
            Pada malam hari yang hening dan sunyi telfon rumah Poppy berdering, iapun bergegas mengangkatnya dengan penuh harap telfon itu dari kakaknya, namun telefon dari rumah sakitlah yang diterimanya, sambil gemetar Poppy berbicara kepada dokter tersebut, dokter itu pun menjelaskan kepadanya bahwa kakaknya yang bernama Galang telah kecelakan dan sekarang berada di RS. Karyadi semarang. Telfon yang ia pegang langsung terjatuh dan ia pun menagis meraung raung, Orang tuanya langsung keluar dari kamar tidurnya dan langsung menghampirinya, ia pun lansung memeluk ibunya dengan airmata yang bercucuran keluar dari matanya, “ibu kakak kecelakaan dan sekarang ia masuk rumah sakit, kita ke rumah sakit ya bu”. Ibu nya pun menjawab” tidak Poppy, Poppy dirumah saja doa’in kakak supaya baik-baik saja kakakmu”. Iapun berkata kepada ibunya” tapi bu tadi kata dokter kakak masuk ICU, bagai mana Poppy tidak khawatir sama kakak”. Ibu “ sudahlah tenangkan fikiranmu nak, poppy kan tau sendiri bahwa kakak itu kuat pasti kakakmu bias melewati ini semua dengan lapang dada “. Akhirnya ia memutuskan untuk tidak ikut kakaknya ke Rumah sakit. Tidak berhenti bibirnya mengucap doa demi keselamatan kakaknya, karena dia sangat takut kehilangan kakaknya karena dia sudah menganggap kakaknya itu sebagai bintang yang selalu menemaninya disaat gelap malam menerpanya.
            Sesampainya di Rumah sakit ibu Poppy langsung menuju ruang ICU tempat dimana kakak  Poppy berada, stelah melihat keadaan anaknya Ibu Poppy merasa sangat terpukul karena kondisi kakaknya yang cukup parah, namun ia harus menyembunyikan perasaan sedihnya, dan setelah hatinya lumanyan tenang ibu poppy langsung menelfon poppy,”poppy kakakmu baik baik saja nak,  kamu jangan khawatir disana ya mungkin ibu akan lumayan lama disini, nanti bilang Om untuk anterin baju buat ayah dan ibu ya nak”. Poppy” alhamdulilah buk kakak baik-baik saja, jaga kakak disana ya buk, nanti poppy sampein ke om buat anterin baju ibu dan ayah”. Setelah menelfon Poppy ibunya merasa sangat bersalah karena telah membohongi anaknya, namun biyarlah itu semua juga demi kebaikan poppy juga agar dia tidak bersedih.
            Ketika ibu dan ayah poppy sedang menungu di depan ruang ICU dokter menghampirinya, dokter tersebut berkata bahwa kakak poppy harus segera dioperasi karena adanya gumpalan darah dikepalanya. Orang tua poppy pun bingung darimana ia bisa mendapat uang buat membiayai kakak poppy Operasi, ayahnya pun memutar otak untuk mendapatkan uang demi keselamatan anaknya, akhirnya ayahnya pun mengambil keputusan untuk menggunakan uang tabungannya yang seharusnya buat biaya masuk ke sekolah poppy.
            Ayah poppy langsung menuju ruang administrasi untuk membayar biaya operasi supaya anaknya cepat ditangani oleh dokter operasi, satujam kemudiam operasi dilakukan.  Dengan hati yang cemas orang tua poppy selalu berdoa kepada yang kuasa supaya operasi berjalan lancar. Setelah lama menunggu dokter pun keluar, dengan wajah tersenyum.”selamat buk anak ibuk berhasil melewati masa kritisnya karena kegigihan dan keinginan hidup yang tinggi”. Orang tua poppy pun menangis bahagya karena operasi berjalan dengan lancar.
            Tidak lama setelah operasi, kakaknya dibolehkan rawat jalan oleh dokter, poppy pun menyambut kakaknya dengan manja.”kakak kok lama banget sih dirumah sakitnya Poppy seperti malam yang kehilangan cahaya karena bintang bintangnya yang redup terang kak”. Kakanya pun menjawab dengan candaan hangatnya.” Kamu lebay poppy, ini buktinya kakak masih terus bersinar kok popp ini buktinya kakak masih ada disamping Poppy menemani adekku yang cengeng”.
            Setelah kondisi kakaknya membaik ibu poppy menjelaskan kepadanya bahwa ia tidak bisa masuk sekolah yang ia inginkan sejak dulu, karena uang yang buat ia masuk sekolah dipakai ayahnya untuk membayar biaya  rumah sakit kakaknya, poppy pun mencoba memahami kondisi perekonomian orang tuanya. Karena biaya sekolah yang aku damba dambakan cukup mahal. Aku memutuskan untuk memilih sekolah yang sederna teapi tetap baik dn bagus juga kok sekolahnya. Poppy selalu memotivasi dirinya dengan meniru jejak kakaknya yang kuat tegar dan pantang menyerah, walau pun ia haus masuk sekolah sederhana namun ia tetap harus bersemangat untuk  menggapai cita-citanya,.
            Tiga tahun kemudian Poppy memasuki sekolah Menengah Kejuruan, dia masuk kesekolah yang cukup ternama di kotanya, semangat dari kakanya tiada pernah terputus dalam hidupnya, namun suatu ketika ia harus mendapat kabar dari keluarganya bahwa kakaknya telah meninggal dunia karena kecelakaan yang kedua kalinya dialami kakaknya, namun apalah daya poppy hanya bisa menangis  mendengar berita kepergian kakak tercintanya, ia berfikir kenapa secepat ini kakaknya pergi meninggalkanaya.  Dia benar benar tidak menyangka bahwa kakaknya yang dia cintai telah tiada.
            Suatu hari Poppy sedang melamun di teras rumahnya, kemudian ayah dan ibunya menghampirinya dan berkata.”langkahmu masih jauh yang harus kamu tempuh nak kamu tidak boleh berputus asa, kamu harus slalu melangkah kedepan walaupun harus kamu telan pahit manisnya perjalanan hidup ini dan jangan sampai kamu lupa kata-kata kakakmu dulu”. Setelah ia mendapat semangat dari kedua orang tuanya, Poppi pun melangkah walaupun ia harus tertatih melangkah sendiri tanpa kakaknya yang selalu menemani sedut gelap hatinya.
            Dan kini Poppy telah berani melangkah sendiri dengan berpegang kata-kata motivasi dari kakaknya, poppy pun kini juga sudah memulai menerima kenyataan bahwa kakaknya telah tiada, namun semangat dan canda tawa kakaknya tidak akan pernah mati didalam hatinya, ia juga selalu berdoa supaya kakaknya tenang dialam sana dan bias melihat keceriaannya dialam yang berbeda ini..
MOTIVATOR
                                               
Almarhum kakak Poppy, Galang Akhadi Satriadji
0 Komentar untuk "Kakak ku Penyemangatku"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info